Tips Memasak Beras Merah Agar Pulen dan Enak



Jual Organik Beras Merah 5kg Terbaru November 2021 harga murah - kualitas  terjamin | Blibli
source gambar : blibli.com

Tubuh sangat memerlukan asupan karbohidrat  untuk pasokan energy. Terlebih selama berpuasa, disarankan mengonsumsi pangan sumber karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna dan membuat perut akan terasa lebih lama kenyang. Beras merah adalah salah satu sumber karbohidrat komleks ynag cukup umum ditemui.

Selain mengandung karbohidrat, beras merah juga tinggi akan serat, yaitu sebanyak 6,2 gram per 100 gram beras. Namun, kebanyakan orang menghindari mengkonsumsi beras merah karena beras merah memiliki rasa dan tekstur yang aneh. Sebenarnya hal ini bisa dihindari jika Anda mengetahui cara memasaka beras merah menjadi pulen dan nikmat disantap.

Tips Memasak Beras Merah Agar Pulen dan Enak

  • Merendam beras merah terlebih dahulu

Ketika terbiasa mengonsumsi beras putih, maka saat mengonsumsi beras merah akan terasa berbeda. Terkadang nasi merah lebih keras dan tidak seempuk nasi putih. Terlebih beras merah memiliki tekstur yang tidak lembut saat dikunyah.

Satu tips agar membuatnya lebih empuk dan pulen adalah dengan merendamnya terlebih dahulu sebelum diolah. Anda bisa merendam beras merah dengan air bersih selama minimal 30 menit atau maksimal 2 jam. Kemudian beras ditiriskan, setelah itu baru beras merah bisa diolah seperti beras biasa baik dengan menggunakan rice cooker ataupun memasak manual.

  • Rasio yang pas antara beras merah dan air

Hal ini menjadi hal utama, terkadang beda jenis beras, berbeda pula takaran airnya. Berbeda dengan beras putih, beras merah akan memerlukan lebih banyak air. Pada umumnya beras merah akan memerlukan sekitar 2 ΒΌ cangkir air atau sekitar 500 ml air untuk 1 cangkir beras.

  • Mencampurnya  dengan beras putih

Mengkonsumsi beras merah memang lebih sehat, namun tidak ada salahnya mengkombinasikan kedua jenis beras tersebut agar nasi merah bisa sepulen dan seempuk nasi putih biasa.

  • Aduk sebentar dan diamkan dahulu setelah nasi matang

Ketika kita memasak di rice cooker, maka saat nasi matang, sebaiknya buka tutup rice cooker lalu diamkan nasi selama 10 menit. Waktu tambahan ini akan memungkinkan kelebihan air diserap tanpa terlalu lama dimasak.

  • Memasaknya dengan cara manual

Memasak dengan cara manual dengan dua tahap, yaitu dengan memasak beras dengan air hingga setengah matang kemudian dikukus, akan memberikan hasil nasi yang lebih pulen dan empuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post