Tata Cara Mandi Junub Yang Sesuai Khaidah



Mandi Junub di Bulan Ramadan, Sebelum Atau Setelah Sahur?

Mandi junub merupakan mandi yang wajib dilakukan oleh orang yang sudah baligh ketika ia hendak mensucikan dirinya dari hadats besar. Biasanya orang yang melaksanakan mandi junub adalah orang-orang yang selesai dari masa haid dan masa nifas, orang yang telah melakukan hubungan badan, dan orang yang keluar air mani dari kemaluannya.

Saat melaksanakan mandi junub tentunya terdapat beberapa tata cara dan aturan yang wajib dilakukan karena kalau anda melewatkan tata cara tersebut maka mandi junub anda dianggap tidak sah dan itu akan mempengaruhi ibadah anda kedepannya.

Untuk menghindari hal-hal seperti itu maka kita akan membahas tata cara melaksanakan mandi junub yang sesuai aturan dari mulai niat mandi junub sampai kepada akhir dari rangkaina mandi junub tersebut. Berikut ini tata cara mandi junub yang sesuai aturan yang berlaku didalam ajaran agama.

  • Membaca niat mandi junub

Dengan membaca niat sebelum mulai melaksanakan mandi junub ini maka kita akan lebih terfokus dengan tujuan kita melaksanakan mandi junub tersebut, bacaan niat mandi junub yang bisa dibaca sebagai berikut :

“Nawaitul ghusla liraf ‘il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta’aala
Artinya: “Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardu kerena Allah ta’ala.”

Kemudian setelah membaca niat barulah anda bisa mulai masuk ke tahapan mandi junub yang selanjutnya.

  • Mencuci kedua telapak tangan

Cucilah kedua telapak tangan anda sebanyak 3x, hal ini bertujuan agar tangan anda bersih daripada najis yang mungkin menempel.

  • Membersihkan Area kemaluan yang dianggap kotor

Bersihkanlah area kemaluan anda dengan menggunakan tangan anda sampai dirasa sudah cukup bersih.

  • Mencuci tangan dengan sabun

Setelah anda menggunakan tangan anda untuk membersihkan area kemaluan, maka selanjutnya anda harus kembali mencuci tangan anda dengan menggunakan sabun sampai bersih kemudian bilas.

  • Berwudhu

Setelah tangan anda dirasa bersih maka selanjutnya anda bisa melaksanakan wudhu seperti anda sedang akan sholat.

  • Membasuh kepala

Setelah berwudhu maka selajutnya anda bisa membasahi kepala anda sampaike  pangkal rambut sampai semuanya basah dan diulang sebanyak 3x.

  • Memisah-misahkan rambut

Setelah rambut dirasa sudah basah sampai ke pangkalnya maka anda bisa memisah-misahkan rambut anda dengan menyelanya menggunakan jari-jari tangan. Hukum memisah-misah rambut ini wajib bagi lelaki dan mandub atau sunnah bagi wanita.

  • Mengguyur seluruh tubuh

Setelah memilah-milah rambut maka langkah selanjutnya anda bisa mengguyur seluruh bagian tubuh dari mulai sisi kanan sampai ke sisi kiri.

Setelah sampai pada langkah tersebut maka anda bisa meneruskan mandi junub dengan mandi seperti biasanya menggunakan shampoo dan sabun. Kemudian jangan lupa membilas tubuh anda sampai bersih. Dan jika anda ingin melaksanakan shalat setelah melaksanakan mandi junub jangan lupa untuk kembali malaksanakan wudhu.

Dengan melakukan mandi junub sesuai dengan tata cara diatas maka InsyaAllah anda sudah berupaya melaksanakan mandi junub yang sesuai khaidah agama. Karena barangsiapa menyempurnakan segala hal demi untuk beribadah maka Allah akan memberikan banyak kemudahan bagi orang tersebut.

Mandi junub sendiri merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum beribadah jika kita sadar sedang dalam kondisi memiliki hadats. Dengan menlaksanakan mandi junub ini berarti kita sedang berusahan mengikuti aturan Allah dan juga kita berusaha sebaik mungkin agar setiap ibadah yang kita lakukan nantinya dapat diterima oleh Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post