Surat Al Kahfi: Kisah dan Kandungan. Pahami Disini!



Tokoh Muslim di India Cetak Al-Qur'an Baru dan Hapus 26 Ayat | Indozone.id
source gambar : indozone.id

Membaca Al Quran membawa banyak manfaat untuk kehidupan kita. Apalagi jika membaca salah satu suratnya yaitu Surat Al Kahfi atau yang biasa disebut dengan Ashhabul Kahfi yang merupakan tipe surat Makkiyah dengan nomor surat urutan ke-15 dalam Al Quran yang terdiri dari 110 ayat. Makna dari surat ini tersendiri adalah Gua yang bermakna penghuni gua.

Tentang Surat Al-Kahfi

Surat Al Kahfi merupakan surat di dalam Al Quran yang terdiri dari 110 ayat dimana didalamnya mengandung 4 kisah yangh dengan merenunginya akan mampu mengantar para pembacanya kepada lima makna penting yang berkaitan dengan kehidupan. Kelima hal ini biasanya merupakan salah satu syarat bagi siapapun yang memimpikan untuk menjadi manusia terbaik karena mengukir kebaikan di bumi Allah ini.

Kisah Surat Al Kahfi

Kisah pertama dalam surat ini berecrita mengenai Ashabul Kahfi yang bermakna para penguni gua. Mereka merupakan para pemuda yang beriman. Sebelum mereka mengasingkan diri ke gua demi menjaga dan mempertahankan aqidahnya digunakan untuk menyuarakan kebenaran dan menegakkan kalimat tauhid sekalipun konsekuensinya harus berhadapan dengan kezaliman para penguasa. Inti dari kiasah ini adalah para pemuda dan iman. Karena kepemudaan akan menjadi sia-sia, tidak berarti tanpa adanya iman yang merupakan kekuatan dalam diri mereka.

Kisah kedua bercerita mengenai Shaahibul Jannatain yang menceritakan mengenai pemilik dua kebun. Dikisahkan pemilik dua kebun ini jatuh pada kekafiran karena keingkaran akan nikmat Allah dan tidak beriman kepada hari kiamat. Ia juga merendahkan saudara muslim yang menasehatinya agar bertaubat dan kembali kepada Allah. Inti dari kisah ini adalah pentingnya harta dan iman. Iman harus mewarnai visi dan misi dalam mencari harta.

Kisah ketiga bercerita mengenai Musa Alaihissalam yang menuntut ilmu kepada Haidir Alaihissalam. Diceritakan perjalanan Nabi Musa dalam mencari hakikat ilmu dan berguru kepada Haidir a.s. inti dari kisah ini adalah bahwa ilmu itu adalah milik Allah dan Allah akan memberikan ilmu kepada manusia yang dikehendakinya.

Kisah keempat bercerita mengenai Dzul Qarnain yang berarti pemilik dua tanduk. Inti dari kisah Zul Qarnain ini adalah pentingnya kekuasaan dipegang oleh orang yang bertauhid yang memiliki kesadaran penuh bahwa kedudukan dan kekuasaan adalah amanah yang kelak akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah. Dimana kondisi ini bukan merupakan ajang pamer semata dan ingin dipandang tinggi dihadapan manusia. Intinya adalah kekuasaan dan iman. Tanpa iman makan kekuasaan akan melenceng dari sifat asalnya yaitu melindungi dan mengayomi.

Keutamaan Surat Al-Kahfi

Salah satu surat yang ada di dalam Al Quran ini mengandung banyak manfaat dan keutamaan bagi umat islam jika mau membaca dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan Rasulullah juga menyuruh kita sebagai umat Islam untuk rajin membacanya di hari Jumat siang agar bisa mendapatkan cahaya di dua jumat berikutnya. Adapun keutamaan lainnya dari surat ini adalah:

Terhindar dari fitnah Dajjal

Berdasarkan dari riwayat Ibnu Umar RA dimana Rasulullah SAW menjelaskan siapa saja yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat akan memancar cahaya dari kakinya sampai ke langit yang akan meneranginya kelak pada hari kiamat dan dosanya diampuni diantara dua jumat.

Mendapatkan ridho Allah SWT

 Berdasarkan riwayat dalam sebuah hadits bahwa Rasulullah SAW bersabda, siapa yang membaca surat Al Kahfi, maka akan diterangi dengan cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhan dari surat ini akan mendapatkan cahaya diantara langit dan bumi.

Dengan mendapatkan ridho dari Allah SWT maka seluruh hidup manusia akan menjadi semakin mudah dan hidup menjadi tentram dan terasa mudah untuk dijalani.

Kandungan Surat Al Kahfi

Surat Al Kahfi mengandung beberapa kisah yang patut diteladani dan diingat dengan kandungan surat seperti dibawah ini:

  • Mengandung kekuatan dan keberanian di masa muda yang merupakan perpaduan antara kekuatan, jasmani, dan akal
  • Kekuatan ilmu untuk mengenali, meluaskan, dan menerapklan keberanian di setiap bidang kehidupan masyarakat.
  • Kekuatan iman berupa fitrah Islam yang menjadi kekuatan mutlak yang harus diterapkan disetiap tindakan dan ucapan.

Keajaiban Surat Al Kahfi

Salah satu keajaiban juga terdapat dalam surat Ak Kahdi yang merupakan tipe surat Makkiyah yang diturunkan dalam periode dakwah Makkah dengan nomor surat urutan ke-15 dalam Al Quran Standar Ustman (rasm Usmani) yang terdiri dari 110 ayat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post