Butuh Modal Barang untuk Menjalankan Usaha? Kredit Online Bisa Jadi Solusinya



https://lh3.googleusercontent.com/xWnrx8stj7wX2eRyIePMYXVIYtmoae1YByUmd0b6wgcVLYRgaMbaP5sPgH7wfJN2P5amDOy3ICZ5BrhC3HauG0dWiZA9gEUHWYclY_bCLKHoHmj9ia1wIk_n8IKfAx4-18hQBSUe

Bukan cuma uang tunai, barang juga dapat menjadi modal utama pada sebagian jenis bisnis. Misalnya bisnis kue kering rumahan yang populer saat Lebaran kemarin. Perlengkapan seperti mixer, oven, blender, dan loyang jadi yang paling penting untuk mengolah aneka bahan utama supaya siap dicetak dan dipanggang. Atau bisnis laundry di mana mesin cuci dan pengering khusus yang menjadi modal utamanya. 

Nah, jika kamu saat ini sedang merencanakan usaha yang butuh modal barang seperti contoh, kamu juga bisa lho memperolehnya langsung dengan cara kredit online. Kalau pinjam uang tunai sebagai modal usaha sulit didapat, kredit online barang untuk modal bisnis bisa jadi alternatifnya. 

Nggak perlu susah-susah punya kartu kredit, sebab kamu bisa daftar ke fintech kredit online seperti Kredivo langsung agar bisa memiliki akses kredit ke 250+ merchant belanja yang populer di Indonesia. Mulai dari Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, JD.id, Bhinneka, dan masih banyak lagi. 

Kredivo dapat memberikan limit kredit nontunai maksimal hingga Rp 30 juta, khususnya bagi akun Premium. Dengan jumlah limit ini, tentunya cukup untuk membeli peralatan atau perlengkapan yang dapat menjadi modal utama bisnismu, terutama jika skalanya kecil hingga menengah. Bagaimana cara kredit onlinenya?

Download dan daftar akun Premium Kredivo

Karena berbasis online, daftar akun Kredivo bisa dilakukan kapanpun melalui aplikasinya yang dapat didownload lewat Google Play Store atau App Store. Download sampai mendaftar akun tidak dipungut biaya apa pun. Ada dua opsi akun yang diberikan bagi pengguna ketika daftar: akun basic dan premium. Perlu diingat, fitur cicilan atau kredit online di merchant rekanan Kredivo dengan tenor s.d 12 bulan, hanya tersedia bagi pengguna Premium. Jadi, daripada tanggung daftar yang basic, mending kamu langsung daftar jadi akun Premium sekalian. 

Persyaratannya juga nggak susah, kok. Pertama, pastikan kamu sudah berusia minimal 18 tahun, berpenghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan, dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Kedua, pastikan kamu memiliki KTP asli, akun internet banking yang aktif atau NPWP sebagai bukti penghasilan, dan akun e-commerce yang aktif dan pernah ada histori transaksinya untuk disambungkan ketika daftar akun Premium Kredivo. 

Dalam waktu 1 x 24 jam setelah daftar, kamu akan diberikan informasi perihal status pendaftaranmu: apakah disetujui atau ditolak. Nah, jika disetujui, saat itu juga kamu langsung menerima sejumlah limit dan bisa digunakan sesuai kebutuhan. Untuk kredit online di merchant rekanan, Kredivo menerapkan suku bunga yang cukup rendah, lho. Hanya 2,95% per bulan dengan opsi tenor 3/6/12 bulan. Tanpa uang muka! Tapi, pastikan minimum harga barang yang mau dicicil adalah Rp 1 juta ya. 

Tentukan barang yang ingin dibeli & pilih merchant serta harga barang yang pas

Di aplikasi Kredivo, tepatnya pada menu “Merchants” tersedia daftar e-commerce dan merchant offline yang telah menjadi mitra Kredivo untuk cicilan online. Kamu bisa bebas mengecek dan membandingkan harga yang mau dibeli di masing-masing merchant hingga mendapat yang terbaik & sesuai harga pasaran. Untuk pengguna baru, Kredivo biasanya juga memberikan promo khusus lho untuk cicilan. Semua bisa dicek di bagian dasbor aplikasi Kredivo. 

Sebelum kredit online, pastikan limit yang kamu miliki cukup. Selain itu, tentukan juga barang yang mau dibeli sesuai kebutuhan bisnis agar penggunaan limit kredit menjadi tepat sasaran. Kalau harga barang yang mau dibeli lebih tinggi dari jumlah limit yang didapat, di Kredivo tersedia juga fitur uang muka maksimal sebesar 30% dari jumlah limit yang kamu miliki. Misalnya, harga barang yang mau dibeli Rp 11 juta, sementara limitmu adalah Rp 10 juta. Artinya, uang muka yang perlu kamu bayarkan ke Kredivo untuk bisa kredit online barang ini adalah 10%-nya alias Rp 1 juta. Menarik, kan?

Sesuaikan pilihan tenor dengan kemampuan finansial

Ada tiga opsi tenor yang disediakan Kredivo untuk kredit online: 3, 6, dan 12 bulan. Makin panjang tenor, akan makin ringan cicilannya namun totalnya jadi lebih besar. Sebaliknya, semakin pendek tenor, akan semakin besar cicilannya namun totalnya jadi lebih sedikit. Sebelum memilih tenor, pastikan kamu mengecek dulu kondisi finansial saat ini. Kalau belum mampu membayar angsuran besar, tidak ada salahnya ambil yang paling maksimal atau 12 bulan. Tapi, kalau nggak mau terlalu lama punya tanggungan, opsi 3 bulan & 6 bulan juga bisa dipertimbangkan. 

Proses kredit online selesai

Pilih barang, bayar dengan metode cicilan tanpa kartu kredit pakai Kredivo, pilih tenor, sesuaikan alamat pengiriman, kredit diproses. Sebagai verifikasi keamanan, pada laman pembayaran e-commerce kamu akan diminta login ke akun Kredivo-mu dan memasukkan OTP. Nggak sampai 5 menit, pengajuan kreditmu sudah diproses dan disetujui. Setelah itu, seperti proses belanja online biasanya, barang akan diproses dan dikirim ke alamat yang terdaftar. Sebagai informasi, pengajuan kreditmu dengan Kredivo juga berpotensi ditolak jika terdeteksi terjadi pelanggaran atau diidentifikasi bahwa transaksi tidak aman. Jika mengalami ini, jangan panik dan segera hubungi layanan pelanggan Kredivo ya. Pastikan data-data pribadi dan akses login aman. Jangan berikan informasi penting seperti password dan OTP kepada pihak ketiga mana pun termasuk pihak Kredivo sendiri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *